Selasa, 05 September 2023

5 Tips Menghadapi Kesulitan Ekonomi

Kesulitan ekonomi bukanlah sesuatu yang memalukan, bisa menimpa siapa saja dan di mana saja, mulai dari seorang ibu tunggal di pedesaan sampai pengusaha di kota besar. Tidak ada satu atau serangkaian solusi tunggal yang bisa menyelesaikan masalah ini, karena kesulitan ekonomi adalah hasil dari berbagai faktor yang saling berkelindan, tarik menarik, dan tergantung satu sama lain.

Media cetak, daring, elektronik sudah banyak membahas penyebab kemerosotan ekonomi global saat ini, dan saya tidak akan membahasnya di sini. Apabila saat ini Anda sedang mengalami kesulitan ekonomi, jangan khawatir, Anda tidak sendiri.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

 

       Masalahmu bukanlah dirimu”

Ya, masalah Anda dan diri Anda adalah dua entitas yang berbeda. Anda mungkin seorang anak muda, ayah, ibu, atau lansia yang memiliki nama dan segala hal yang bisa diidentikkan dengan keberadaan Anda sebagai manusia.

Sedangkan masalah Anda punya nama, tetapi dia bukanlah benda hidup. Dia adalah situasi atau sekumpulan situasi yang membuat batin dan pikiran kita terasa berat. Lalu mengapa kita harus takluk pada benda mati?

 

          Bersih-bersih

Masihkah ingat di masa pandemi lalu saat kita tinggal di rumah saja berhari-hari sampai berbulan-bulan? Kita menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya membersihkan rumah dan area di sekitarnya.

Sesulit apapun situasi ekonomi yang harus kita hadapi, jangan korbankan kenyamanan diri kita dan seluruh anggota keluarga. Tempat tidur, kamar mandi, dapur, ruang kerja, bahkan kamar anak-anak Anda harus dalam kondisi rapi agar tidak memperberat benak yang sedang tertekan.

 

          Menjaga diri sendiri

Sering kita mendengar kisah orang-orang yang tidak mau makan demi menghemat makanan di rumah. Ini kurang tepat karena sama artinya dengan Anda menyakiti diri sendiri. Tubuh perlu makan untuk mendapat energi agar bisa beraktivitas dan berpikir jernih dari waktu ke waktu. Sarapan dan makan siang itu penting, makan malam bisa Anda lewatkan bila ingin berhemat sekaligus mengurangi berat badan.

Menjaga kebersihan diri juga penting. Mandi, gosok gigi, mencuci rambut, bercukur, dll. itu krusial sebagai bentuk penghormatan kita pada tubuh kita yang bekerja keras dan memutar otak tanpa henti mencari solusi mengatasi masalah ekonomi.

 

          Olahraga

Orang cenderung malas berolah raga karena dipandang tidak mendatangkan uang untuk membayar tagihan atau membeli makanan. Justru kepenatan pikiran dan perasaan kita harus disalurkan dalam bentuk aktivitas fisik, karena energi negatif yang menjadi penyebab stres dan depresi bisa ditipiskan dengan cara berolah raga secara rutin.

Anda tidak harus melakukan olahraga kelas berat jika kondisi fisik tidak memungkinkan, jalan-jalan pagi di sekitar tempat tinggal pun sudah cukup dan akan bermanfaat bila dilakukan teratur. Ingatlah pepatah mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

 

         Meditasi

Meditasi bisa diterapkan semua orang apapun agama dan kepercayaannya, apabila mereka bisa menerimanya sebagai penerapan universal oleh umat manusia secara umum. Meditasi adalah sebuah aktivitas di mana kita mengistirahatkan pikiran kita dari berpikir, mendiamkan suara-suara negatif di dalam benak yang cenderung membuat kita justru merasa lebih tertekan di tengah kerumitan apapun.

Seorang ahli neurologi mengakui manfaat meditasi dalam membantu manusia membugarkan kembali otak yang performanya turun dari tahun ke tahun akibat berpikir tanpa henti. Ibarat gadget yang perlu dimatikan setelah lama digunakan, otak manusia akan segar setelah diistirahatkan untuk beberapa saat melalui meditasi.

 

Skala keparahan, jenis, dan cakupan kesulitan ekonomi tiap orang berbeda karena manusia tidak sama satu sama lain Tidak ada satu obat yang ampuh menyembuhkan semua halangan ini seketika.

Penjelasan di atas adalah sedikit cara yang bisa Anda terapkan untuk memberikan jarak/ ruang antara Anda sebagai seseorang dan masalah atau situasi Anda saat ini.

Kesulitan ekonomi memang tidak akan hilang setelah Anda bermeditasi dan berolah raga. Namun, jiwa dan raga akan terasa bugar dan cerah sehingga Anda akan bisa melihat jalan keluar yang sudah Anda cari-cari selama ini.

Ketika Self-Respect Sirna Ditelan Pragmatisme

Menarik janji dan pendirian seolah menjadi tren, dan para pelakunya pun tak lagi khawatir akan konsekuensi perilaku menyimpang semacam ini. ...